Dikatakan
“wahaitu ilaihi” atau “auhaitu” bila kita berbicara kepada seseorang agar tidak
diketahui orang lain. Wahyu adalah isyarat yang cepat. Itu terjadi melalui
pembicaraan berupa rumus dan lambang, dan terkadang melalui suara semata, dan terkadang
pula melalui isyarat dengan anggota badan.
Al-wahyu adalah kata masdar/infinitif, dan materi kata itu menunjukkan dua dasar, yaitu tersembunyi dan cepat. Oleh sebab itu, maka dikatakan bahwa wahyu adalah pemberitahuan secara tersembunyi dan cepat yang khusus diberikan kepada orang yang diberitahu tanpa diketahui orang lain. Inilah pengertian masdarnya. Tetapi, kadang-kadang juga bahwa yang dimaksudkan adalah al-muha, yaitu penger tian isim maf’ul yang diwahyukan.
Al-wahyu adalah kata masdar/infinitif, dan materi kata itu menunjukkan dua dasar, yaitu tersembunyi dan cepat. Oleh sebab itu, maka dikatakan bahwa wahyu adalah pemberitahuan secara tersembunyi dan cepat yang khusus diberikan kepada orang yang diberitahu tanpa diketahui orang lain. Inilah pengertian masdarnya. Tetapi, kadang-kadang juga bahwa yang dimaksudkan adalah al-muha, yaitu penger tian isim maf’ul yang diwahyukan.
Pengertian
wahyu dalam arti bahasa meliputi :
Ilham,
sebagai bawaan dasar manusia, seperti wahyu terhadap ibu Nabi Musa, “Dan kami
ilhamkan kepada ibu Musa, ‘Susuilah dia …’.” (Al-Qashash: 7).
Ilham berupa naluri pada binatang, seperti wahyu kepada lebah, “Dan Tuhanmu telah mewahyukan kepada lebah, ‘Buatlah sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di rumah-rumah yang didirikan manusia’.” (An-Nahl: 68).
Ilham berupa naluri pada binatang, seperti wahyu kepada lebah, “Dan Tuhanmu telah mewahyukan kepada lebah, ‘Buatlah sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di rumah-rumah yang didirikan manusia’.” (An-Nahl: 68).
Isyarat yang
cepat melalui rumus dan kode, seperti isyarat Zakaria yang diceritakan Al
qur’an, “Maka keluarlah dia dari mihrab, lalu memberi isyarat kepada mereka,
‘Hendaknya kamu bertasbih di waktu pagi dan petang’.” (Maryam: 11).
Bisikan dan
tipu daya setan untuk menjadikan yang buruk kelihatan indah dalam diri manusia.
“Sesungguhnya setan-setan itu membisikkan kepada kawan-kawannya agar mereka
membantah kamu.” (Al-An’am: 121). “Dan demikianlah kami jadikan bagi tiap-tiap
nabi itu musuh, yaitu setan-setan dari jenis manusia dan dari jenis jin,
sebagian mereka membisikkan kepada sebagian yang lain perkataan-perkataan yang
indah-indah untuk menipu mereka.” (Al-An’am: 112).
Apa yang
disampaikan Allah kepada para malaikatnya berupa suatu perintah untuk
dikerjakan. “Ingatlah ketika Tuhanmu mewahyukan kepada para malaikat,
‘Sesungguhnya Aku bersama kamu, maka teguhkanlah pendirian orang-orang yang
beriman’.” (Al-Anfal: 12). Sedang wahyu Allah kepada para nabi-Nya secara
syar’i mereka definisikan sebagai kalam Allah yang diturunkan kepada seorang
nabi. Definisi ini menggunakan pengertian maf’ul, yaitu al muha (yang
diwahyukan). Ustad Muhammad Abduh mendefinisikan wahyu di dalam Risalatut
Tauhid adalah pengetahuan yang didapat oleh seseorang dari dalam dirinya dengan
disertai keyakinan bahwa pengetahuan itu datang dari Allah, melalui perantara
ataupun tidak. Yang pertama melalui suara yang menjelma dalam telinganya atau
tanpa suara sama sekali.
Beda antara
wahyu dengan ilham adalah bahwa ilham itu intuisi yang diyakini jiwa sehingga
terdorong untuk mengikuti apa yang diminta, tanpa mengetahui dari mana
datangnya. Hal seperti itu serupa dengan perasaan lapar, haus, sedih dan
senang. Definisi seperti ini adalah definisi wahyu dengan pengertian masdar.
Bagian awal definisi ini mengesankan adanya kemiripan antara wahyu dengan suara
hati atau kasyaf, tetapi pembedaannya dengan ilham di akhir definisi meniadakan
hal ini.
Perkembangan
ilmiah telah maju dengan pesat, dan cahayanya pun telah menyapu segala keraguan
yang selama ini merayap dalam diri manusia mengenai roh yang ada di balik
materi. Ilmu materialistis yang meletakkan sebagian besar yang ada di bawah
percobaan dan eksperimen percaya terhadap dunia gaib yang ada di balik dunia
nyata ini, dan percaya pula bahwa dunia gaib lebih rumit dan lebih dalam
daripada dunia nyata ini, dan bahwa sebagian penemuan modern yang membimbing
pikiran manusia menyembunyikan rahasia yang samar, yang hakikatnya tidak bisa
dipa hami oleh ilmu itu sendiri, meskipun pengaruh dan gejalanya dapat diamati.
Hal yang demikian ini telah mendekatkan jarak antara pengingkaran terhadap
agama-agama dengan keimanan.
Dan itu sesuai dengan firman Allah, “Akan kami peril hatkan kepada mereka tanda-tanda kekuasaan kami di segenap ufuk dan pada diri mereka sendiri, sehingga jelaslah bagi mereka bahwa Al qur’an itu benar adanya.” (Fushilat: 35). “Dan, tidaklah kamu diberi pengetahuan melainkan sedikit.” (Al-Isra: 85).
Dan itu sesuai dengan firman Allah, “Akan kami peril hatkan kepada mereka tanda-tanda kekuasaan kami di segenap ufuk dan pada diri mereka sendiri, sehingga jelaslah bagi mereka bahwa Al qur’an itu benar adanya.” (Fushilat: 35). “Dan, tidaklah kamu diberi pengetahuan melainkan sedikit.” (Al-Isra: 85).
Pembahasan
psikologi dan rohani kini mempunyai tempat yang penting dalam ilmu pengetahuan.
Hal itu pun didukung dan diperkuat oleh perbedaan manusia dalam kecerdasannya,
kecenderungannya, dan nalurinya. Di antara intelijensia itu ada yg istimewa dan
cemerlang sehingga dapat menemukan segala hal yang baru. Tetapi, ada pula yang
dungu dan sukar memahami urusan yang mudah sekalipun. Di antara dua posisi ini
terdapat sekian banyak tingkatan. Demikian pula halnya dengan jiwa, ada yang
jernih dan cemerlang, ada pula yang kotor dan kelam.
Di balik tubuh manusia ada roh yang merupakan rahasia hidupnya. Tubuh itu kehabisan tenaga dan jaringan-jaringan mengalami kerusakan jika tidak mendapatkan makanan menurut kadarnya. Demikian pula roh, ia memerlukan makanan yang dapat memberikan tenaga rohani agar dapat memelihara sendi-sendi dan ketentuan-ketentuan lainnya.
Di balik tubuh manusia ada roh yang merupakan rahasia hidupnya. Tubuh itu kehabisan tenaga dan jaringan-jaringan mengalami kerusakan jika tidak mendapatkan makanan menurut kadarnya. Demikian pula roh, ia memerlukan makanan yang dapat memberikan tenaga rohani agar dapat memelihara sendi-sendi dan ketentuan-ketentuan lainnya.
Bagi Allah
bukan hal yang jauh dalam memilih dari antara hamba-hamba-Nya sejumlah jiwa,
yang dasarnya begitu jernih dan kodrat yang lebih bersih, yang siap menerima
sinar ilahi dan wahyu dari langit serta hubungan dengan mahluk yang lebih
tinggi, agar kepadanya diberikan risalah ilahi yang dapat memenuhi keperluan
manusia. Mereka mempunyai ketinggian perasaan dan keluhuran budi, dan kejujuran
dalam menjalankan hukum. Mereka itulah para rasul dan nabi Allah. Maka,
tidaklah aneh bila mereka berhubungan dengan wahyu yang datang dari langit.
Manusia kini
menyaksikan adanya hipnotisme yang menjelaskan bahwa hubungan jiwa manusia
dengan kekuatan yang lebih tinggi menimbulkan pengaruh. Ini mendekatkan orang
pada pemahaman tentang gejala wahyu. Orang yang berkemauan lebih kuat dapat
memaksakan kemauannya kepada orang yang lebih lemah, sehingga yang lemah ini
tertidur pulas, dan ia kemudian menuruti kehendaknya sesuai dengan isyarat yang
diberikan. Maka, mengalirlah semua itu ke dalam hati dan mulutnya. Apabila ini
yang diperbuat manusia terhadap sesama manusia, bagaimana dengan yang lebih
kuat dari manusia itu, yakni Allah Yang Maha Perkasa ?
Sekarang orang dapat mendengar suara yg direkam dan dibawa oleh gelombang eter, menyeberangi lembah dan dataran tinggi, lautan, dan daratan tanpa melihat si pembicara, bahkan sesudah mereka wafat sekalipun. Kini dua orang dapat berbicara melalui telepon, sekalipun yang seorang berada di ujung timur dan seorang yang lain berada di ujung barat, dan terkadang pula mereka berdua saling melihat dalam percakapan itu, sementara orang-orang yang duduk di sekitarnya tidak mengetahui sesuatu melainkan sekedar dengungan seperti suara lebah, persis seperti dengungan pada waktu turun wahyu.
Sekarang orang dapat mendengar suara yg direkam dan dibawa oleh gelombang eter, menyeberangi lembah dan dataran tinggi, lautan, dan daratan tanpa melihat si pembicara, bahkan sesudah mereka wafat sekalipun. Kini dua orang dapat berbicara melalui telepon, sekalipun yang seorang berada di ujung timur dan seorang yang lain berada di ujung barat, dan terkadang pula mereka berdua saling melihat dalam percakapan itu, sementara orang-orang yang duduk di sekitarnya tidak mengetahui sesuatu melainkan sekedar dengungan seperti suara lebah, persis seperti dengungan pada waktu turun wahyu.
Siapakah di
antara kita yang tidak pernah mengalami percakapan dengan diri sendiri, dalam
keadaan sadar atau tidur, yang pernah terlintas dalam pikirannya tanpa melihat
orang yang diajak berbicara di hadapannya. Yang demikian ini serta
contoh-contoh lain yang serupa cukup untuk menjelaskan kepada kita tentang
hakikat wahyu. Orang yang sezaman dengan wahyu menyaksikan wahyu dan menukilnya
secara mutawatir dengan segala persyaratan yang meyakinkan kepada
generasi-generasi sesudahnya. Umat manusia pun menyaksikan pengaruhnya di dalam
budaya bangsanya serta dalam kemampuan pengikutnya. Manusia akan tetap menjadi
mulia selama tetap berpegang pada keyakinan itu, dan akan hancur serta hina
bila sudah mengabaikannya. Kemungkinan terjadinya wahyu serta kepastiannya
sudah tidak dapat diragukan lagi. Untuk itu, manusia harus kembali kepada
petunjuk wahyu demi menyiram jiwanya yang haus akan nilai-nilai luhur.
Rasul kita,
Muhammad SAW, bukan rasul pertama yang diberi wahyu. Allah juga telah
memberikan wahyu kepada rasul-rasul sebelumnya. Seperti firman Allah,
“Sesungguhnya Kami telah menyampaikan wahyu kepadamu seperti Kami telah
menyampaikan wahyu kepada Nuh dan nabi-nabi yang kemudiannya, dan Kami telah
menyampaikan wahyu pula kepada Ibrahim, Ismail, Ishak, Yakub, dan anak cucunya,
Isa, Ayub, Yunus, Harun, dan Sulaiman.
Dan Kami berikan Zabur kepada Dawud. Dan Kami telah mengutus rasul-rasul yang sungguh telah Kami kisahkan tentang mereka kepadamu dahulu, dan rasul-rasul yg tidak Kami kisahkan tentang mereka kepadamu. Dan Allah telah berbicara kepada Musa dengan langsung.” (An-Nisa: 163–164).
“Patutkah menjadi keheranan bagi manusia bahwa Kami mewahyukan kepada seorang laki-laki di antara mereka, ‘Berilah peringatan kepada manusia dan gembirakanlah orang-orang yang beriman bahwa mereka mempunyai kedudukan yang tinggi di sisi Tuhan mereka ?’ Orang-orang kafir berkata, ‘Sesungguhnya orang ini (Muhammad) adalah benar-benar tukang sihir yang nyata’.” (Yunus: 2).
Dan Kami berikan Zabur kepada Dawud. Dan Kami telah mengutus rasul-rasul yang sungguh telah Kami kisahkan tentang mereka kepadamu dahulu, dan rasul-rasul yg tidak Kami kisahkan tentang mereka kepadamu. Dan Allah telah berbicara kepada Musa dengan langsung.” (An-Nisa: 163–164).
“Patutkah menjadi keheranan bagi manusia bahwa Kami mewahyukan kepada seorang laki-laki di antara mereka, ‘Berilah peringatan kepada manusia dan gembirakanlah orang-orang yang beriman bahwa mereka mempunyai kedudukan yang tinggi di sisi Tuhan mereka ?’ Orang-orang kafir berkata, ‘Sesungguhnya orang ini (Muhammad) adalah benar-benar tukang sihir yang nyata’.” (Yunus: 2).
[Sumber:
Studi Ilmu-Ilmu Quran, terjemahan dari Mabaahits fii 'Uluumil Qur'an, Manna'
Khaliil al-Qattaan]
www.ALISLAM.or.id, Jl. Pahlawan Revolusi, No 100, Jakarta 13430
Telpon: 62-21-86600703, 86600704, Fax: 62-21-86600712
www.ALISLAM.or.id, Jl. Pahlawan Revolusi, No 100, Jakarta 13430
Telpon: 62-21-86600703, 86600704, Fax: 62-21-86600712
Geen opmerkings nie:
Plaas 'n opmerking